ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Tutorial Photoshop Teks Efek Api Biru

Tutorial membuat teks efek api biru dengan photoshop, tutorial wirefire.
     Halo sobat grafisarena, kali ini pertama kalinya grafisarena akan memberikan tutorial tentang teks efek. Sebenarnya sudah banyak situs yang membahas tentang teks efek ini, tapi tetap berbeda-beda kreatifitasnya. Kali ini grafisarena akan membahas tutorial teks efek api biru. Yap pada teks efek ini kita akan mengombinasikan text dengan efek api dan juga sapuan brush yang berwarna biru serta varian warna lainnya. Tidak usah berlama-lama lagi, sekarang mari kita simak tutorial berikut.

1. Langkah 1

     Buka software photoshop kalian dan buat dokumen baru dengan klik File - New. Kemudian atur ukuran dokumen sesuai yang kalian inginkan. Di sini saya menggunakan ukuran seperti ini.
Langkah 2

     Kemudian buat layer baru (layer1), dan beri warna pada layer baru yang sudah dibuat, beri warna gradient dengan Gradient Tool. Atur warna gradient dan tarik warna gradient seperti ini.
Langkah 3

     Buat layer baru lagi kemudian gunakan Brush Tool untuk memberi sentuhan brush. Gunakan motif brush yang basic saja dan atur ukuran serta hardness brush dan sapukan brush ke layer baru (layer 2) secara acak, seperti ini.

Langkah 4

     Masih pada layer 2 yang sudah diberi brush tadi, pilih Filter - Blur - Motion Blur. Atur pengaturan motion blur sehingga hasil brush tadi akan seperti ini.
ulangi lagi langkah di atas dengan pengaturan yang sama.
Masih dalam cara yang sama, tapi kali ini untuk ukuran angle dan distance berbeda dari yang di atas.
Langkah 5

     Buat huruf dengan Horizontal Type Tool dengan tipe font yang mudah saja. Di sini saya akan menggunakan dengan tipe font Arial Bold.

Kita akan buat tampilan font "G" menjadi seperti ini.
Caranya pilih add a layer style yang ada di bagian bawah palet dokumen dan kemudian pilih Blending Options. Lalu atur seperti ini.
Langkah 6

     Sekarang kita buat layer lagi di atas layer text G dan kita pilih brush dengan motif spray dan sapukan brush di sekitar huruf G, seperti ini.

Langkah 7

     Buat layer baru lagi kemudian pilih Brush Tool dan pilih motif brush seperti gambar di bawah ini.
pilih warna brush biru muda dan kemudian sapukan brush di sekitar huruf G. Sapukan secara lepas saja seperti sedang mengarsir dengan pensil, ya kurang lebih seperti ini.
Tutorial membuat teks efek api biru dengan photoshop, tutorial wirefire.

Setelah selesai menyapu brush di sekitar huruf G, ganti warna brush dengan warna hijau muda agar lebih terlihat bervariasi, kurang lebih seperti ini.

Langkah 8

     Siapkan gambar api, dan kemudian buka di lembar baru photoshop. Selanjutnya seleksi gambar api tersebut dengan menggunakan Tool-tool seleksi seperti Lasso Tool, Polygonal Lasso Tool dan lain sebagainya.

Langkah 9

     Pindahkan hasil seleksi pada gambar api ke dokumen kerja di font G. Sambil atur posisi agar tepat di sekitar huruf G.

kemudian warp ukuran api dengan memilih Edit - Transform - Warp dan atur agar api seakan-akan menempel pada tepi huruf.
Tutorial membuat teks efek api biru dengan photoshop, tutorial wirefire.
Langkah 10

     Masih pada layer api tersebut, kita atur pada set blending options yang ada di atas palet dokumen. Ubah dari normal menjadi screen.

Dan hasilnya seperti ini.

Ulangi langkah tersebut agar api tampak sebagian mengelilingi huruf G, jika sudah selesai maka hasilnya akan seperti ini.
Tutorial membuat teks efek api biru dengan photoshop, tutorial wirefire.

Sekarang tinggal sobat buat pada huruf-huruf lainnya agar bisa dibentuk menjadi kata atau kalimat, entah itu nama sobat sendiri, font digital untuk desain maupun karya lainnya. Tinggal bagaimana sobat untung mengembangkan karya se-kreatif mungkin. Nah cukup sekian tutorial dari grafisarena. Bila ada yang mau ditanyakan maupun menambahkan silahkan di kolom komentar bawah ini. ThankYou ;-).


0 komentar:

Posting Komentar