ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Tutorial Membuat Kolase Efek Dengan Photoshop


Tutorial Kolase Efek Dengan Photoshop
        apa itu kolase ? menurut KBBI kolase adalah komposisi artistik yang di buat dari berbagai bahan(dari kain,kertas,kayu yang di tempelkan pada permukaan gambar. Susah di mengerti yaa ? mungkin kolase ini lebih tepatnya adalah membingkai atau memberi foto sebuah bingkai agar lebih terlihat menarik. Nah di sini akan saya bagikan kepada sobat tentang membuat efek kolase.
Eitss...tapi dari ulasan saya diatas bukan berarti saya cuma akan memberikan efek bingkai pada foto, efek bingkai atau efek kolase kali ini akan saya buat seperti foto dengan bingkai yang terlihat bertumpuk dalam satu foto. Nah loh gimana tuh maksudnya....? dari pada bingung-bingung sekarang langsung kita simak saja. Let's gooo....!!!


cara membuat efek kolase pada pada foto dengan photoshop.


-Buka foto
Seperti biasa hal pertama yang di lakukan adalah membuaka foto yang akan di edit di photoshop,lalu setelah itu langsung duplikat layer,kali ini layer hasil duplikat akan saya namai dengan "kolase".


-Buat layer gradient
Setelah itu buat layer baru di bawah layer hasil duplikat tadi (layer kolase), setelah itu matikan layer pada layer kolase. Beri warna gradient pada layer baru dengan klik pada bagian bawah thumbnail create new fill adjustments layer - gradient... atur sesuai dengan keinginan sobat,atau lebih bagusnya seperti petunjuk ini.


-Buat bingkai foto
Sekarang aktifkan pada layer kolase, kemudaian mulai membuat bingkai foto menggunakan Rectangle tool pada layer kolase tersebut.

Tahap 1 : Pada rectangle tool atur set foreground dan set shape fill type dengan warna Hitam, dan jangan beri warna pada set shape stroke type. Kemudain kita buat kotak shape pada layer kolase maka akan muncul layer shape dengan nama rectangle 1 di atas layer kolase seperti ini.


Tahap 2 : Kita kembali lagi pada layer kolase, kita lakukan seperti pada tahap 1 diatas,namun kita ganti warna shape menjadi putih dan kita buat kotak seperti ini.


-Potong bagian
Sekarang drag layer kolase dan tempatkan posisi pada bagian paling atas. Lalu klik kanan pada layer kolase dan pilih create clipping mask seperti ini.


-Atur bingkai
Sekarang coba sobat tekan dan tahan tombol Ctrl dan pilih layer rectangle 1 dan rectangle 2. Dengan masih menekan tombol Ctrl arahkan kursor ke lembar kerja atau kanvas photoshop. Tujuanya untuk memindahkan bingkai ke tempat yang kita inginkan. Di sini saya akan tempatkan bingkai pertama pada bagian kepala objek foto.


-Modif bingkai
Sekarang kita kreasikan bingkai tersebut dengan cara memberi efek bayangan pada bingkai foto. Caranya pada layer rectangle 1 atau bingkai putih pilih add a layer style yang ada di bagian bawah tumbnail. lalu pilih blending option - drop shadow atur bayangan seperti ini.


-Transform bingkai
Tekan dan tahan lagi tombol Ctrl dan pilih lagi layer rectangle 1 dan rectangle 2, transform posisi bingkai dengan cara pilih Edit - Free Transform atau bisa juga dengan tekan Ctrl + T, atur sesuai keinginan sobat.

Tutorial Kolase Efek Dengan Photoshop

-Duplikat bingkai
duplikat ketiga layer kolase,rectangle 1,retangle 2 dengan cara tekan dan tahan tombol Ctrl dan pilih ketiga layer tersebut. Kemudian drag layer ke arah option create a new layer di bagian bawah tumbnail atau bisa juga tekan Ctrl + J. Pindahkan bingkai ke dua dengan Move tool dan atur transform sesuai keinginan sobat.


Tips : pada saat memindahkan bingkai dengan Move tool pilih layer rectangle 1 copy dan rectangle 2 copy saja,layer kolase tidak di ikutkan.

-Perbanyak bingkai
Lakukan tahap "duplikat bingkai" berulang-ulang dan atur bingkai sehingga akan menjadi seperti ini

Tutorial Kolase Efek Dengan Photoshop

-Atur curve layer
Sekarang atur curvenya dengan cara pilih create new fill or adjustments layer dan pilih curve,atur menjadi seperti ini.


-Tambahan
Sebenernya sampai tahap ini sudah bisa dianggap selesai,namun jika sobat ingin menghias lagi bisa juga dengan menambahkan efek cahaya abstrak.

Tahap 1 : Siapkan gambar efek cahaya, terserah sobat mau seperti apa, jika tidak punya mbah google menyediakanya. Saya ambil contoh gambar seperti ini


Tahap 2 : Masukan gambar ke dalam lembar kerja/kanvas kita tadi,tahruh paling atas. Kemudian set blending option dari normal menjadi screen.


Hasil akhirrnya....!!!

Tutorial Kolase Efek Dengan Photoshop




     
        Nah itulah tadi cara membuat efek foto kolase,gimana ? sobat sekalian udah mengerti kan,gampang dan mudah. Kreasikan foto sobat,dan sering-sering mampir kesini yaa untuk menambah ilmu lagi. Dan semoga dapat bermanfaat bagi sobat sekalian. Thank You ;-)

0 komentar:

Posting Komentar